Cara Menginstal Dev-C ++ dan Perpustakaan GLUT untuk Mengkompilasi Program OpenGL dengan ANSI C


Catatan ini menjelaskan cara menyusun program yang ditulis dalam ANSI C dengan OpenGL dan GLUT menggunakan compiler Dev-C ++.
Bloodshed Dev-C ++ adalah kompiler C ++ dan lingkungan pengembangan gratis untuk sistem operasi Windows. Seperti kebanyakan kompiler C ++, ia juga dapat digunakan untuk mengkompilasi ANSI C. Dengan menginstal file header dan library GLUT, ia dapat digunakan untuk menulis program yang menggunakan OpenGL. Ini diperlukan untuk menjalankan program untuk buku teks Edward Angel, Interactive Computer Graphics edisi ke- 5 dan mungkin teks grafis komputer lainnya.
Catatan ini tidak menjelaskan cara mengompilasi OpenGL dengan C ++. Edisi ke- 6 buku Angel menggunakan C ++ yang tidak akan berfungsi dengan catatan ini.
Instruksi ini telah diuji pada berbagai kecil sistem Windows 2000 dan Windows XP. Sistem ini dilengkapi dengan file yang diperlukan untuk OpenGL, tetapi tidak file yang dibutuhkan untuk GLUT.
Dev-C ++ tidak berfungsi dengan baik dengan Microsoft Vista. Masalahnya, dan kemungkinan perbaikannya, dibahas di sini: http://aresio.blogspot.com/2007/06/vista-and-dev-cpp.htmltetapi saya belum menguji informasi ini.

I. Unduh Dev-C ++ dari http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html dan instal.

Detail:
Dapatkan Dev-C ++ 5.0 beta 9.2 (4.9.9.2) (9.0 MB) dengan Mingw / GCC 3.4.2 Meskipun ini adalah versi "beta", ini berfungsi dengan baik. Klik SourceForge untuk masuk ke daftar situs unduhan dan pilih salah satu. File akan menjadi sesuatu seperti devcpp4.9.9.2_setup.exe. Simpan file ini di tempat seperti C: \ Temp.
Ketika unduhan selesai, klik tombol "buka" untuk memulai proses instalasi. (Atau pergi ke C: \ Temp dan Double klik pada devcpp4.9.9.2_setup.exe). Anda akan melihat beberapa layar yang meminta Anda memilih bahasa (Inggris) dan menyetujui persyaratan lisensi. Pilih instalasi "biasa".
Terima tujuan yang disarankan untuk instalasi:
Banyak subdirektori dan file diekstraksi ke destintion:
Jawab "ya" ketika menanyakan apakah Anda ingin menginstal Dev-cpp untuk semua pengguna. Catatan: jika instalasi gagal, instal ulang dan coba "tidak" untuk ini.
Layar mengatakan instalasi selesai:
Simpan tanda centang di kotak. Klik pada "Selesai". Layar konfigurasi pertama kali muncul:
Pilih "Bahasa Inggris" dan "Tampilan Baru". Di beberapa layar berikutnya, tekan "Ya" untuk sarannya.
Akhirnya Anda selesai. Klik "OK".

II. DEV-C ++ dimulai. Cobalah instalasi dengan program C sederhana.

Detail:
Program dijalankan secara otomatis.
Klik File / Baru / Proyek. Pilih nama untuk proyek (seperti "myProject"). Klik "Proyek C". Klik "Proyek Kosong". Klik "OK".
Dalam "Buat Proyek Baru", klik "simpan" (nanti Anda mungkin akan ingin membuat subdirektori terpisah untuk berbagai proyek Anda.).
Klik "File / New / Source File" dan di "Tambahkan file sumber ke proyek saat ini" klik "Ya". Anda sekarang mendapatkan layar di mana Anda dapat mengedit file sumber.
Ketik dalam program C sederhana, seperti di bawah ini. Sekarang klik "File / Save As" dan simpan file sebagai "hello.c" (atau nama lain.) Penting: pastikan ekstensi file adalah .c . Dengan ekstensi lain (seperti saran .cpp), Anda akan mengalami masalah dalam kompilasi.
Sekarang klik "Execute / Compile and Run"
Program ini (mudah-mudahan) mengkompilasi, menjalankan, dan menulis hasilnya ke jendela DOS. Jika Anda memiliki system("pause")pernyataan di program Anda, hasilnya akan tetap berada di jendela sampai Anda menekan tombol. Cara lain untuk menjalankan program (setelah dikompilasi) adalah dengan memulai jendela DOS di luar sistem Dev-Cpp, lalu arahkan ke subdirektori yang menahan proyek Anda, dan ketik hello.exe.
Pada titik ini, lingkungan compiler dan pengembangan telah diinstal. Anda harus menemukan Dev-C ++ yang terdaftar di bawah "Programs" pada menu "Start" dan sekarang akan dapat menulis, mengkompilasi, dan menjalankan program C (dan C ++). Anda akan menyertakan file, pustaka, dan dll untuk OpenGL (dan semua paket standar lainnya) tetapi tidak GLUT. GLUT mengelola jendela dan komponen antarmuka pengguna lainnya yang diperlukan untuk pemrograman OpenGL, dan harus diinstal secara terpisah.
Jika Anda tidak membutuhkan GLUT, Anda dapat keluar sekarang.

AKU AKU AKU. Unduh dan instal GLUT

Untuk menjalankan OpenGL dengan GLUT (yang merupakan program apa yang digunakan dalam buku Angel), Anda perlu mendapatkan tiga file dan menempatkan setiap file di direktori yang tepat. Semua file yang Anda butuhkan (dan banyak lagi) terdapat dalam satu file zip.
Detail:
Unduh file GLUT dari http://chortle.ccsu.edu/Bloodshed/glutming.zip Unduh file glutming.zip Simpan file zip di beberapa lokasi yang nyaman (mungkin C: \ temp ).
Klik dua kali pada glutming.zip (atau unzip). Anda akan melihat file-file yang ada di arsip zip. (Program un-zipping Anda mungkin akan berbeda dari yang ditampilkan di sini, tetapi harus bekerja hampir sama.)
Klik "Ekstrak" untuk mengekstrak semua subdirektori dan file. Pilih beberapa direktori yang mudah digunakan untuk mengekstraknya (mungkin C: \ temp \ glutming ). Anda hanya membutuhkan tiga file, tetapi ekstrak semuanya.
Hanya tiga file dalam berbagai subdirektori yang diperlukan. Masing-masing dari tiga file harus diletakkan dalam subdirektori dengan file lain dari jenisnya. Gunakan Explorer untuk memindahkan file ke tempat yang diperlukan.
Catatan: Jika Anda hanya melihat beberapa file ini terdaftar di Explorer, klik "Lihat / Pilihan / Tampilan" dan kemudian pilih tombol radio "Tampilkan semua File".
glut.h - salin file ini ke C: \ Dev-Cpp \ include \ GL
Salin dari subdirektori "tanpa ritsleting" Anda (di mana pun mereka berada):
Ke sini:
libglut32.a - salin file ini dari direktori unzip Anda ke C: \ Dev-Cpp \ lib
Mungkin ada versi yang lebih baru dari file ini di sana. Ganti versi itu dengan yang Anda buka ritsleting (jika Anda menyimpan versi yang lebih baru, program Anda tidak akan tertaut dengan benar.)
Salin dari subdirektori "buka ritsleting" Anda:
Ke sini:
glut32.dll - pindahkan file ini ke C: \ WINNT \ System32, atau lokasi serupa.
Lokasi untuk file ini tergantung pada sistem operasi Anda. Direktori di mana ia pergi adalah direktori yang menyimpan pustaka beban dinamis (* .dll). Cara mudah untuk menemukan kemana harus pergi adalah mencari glu32.dll (gunakan "Cari" dari menu mulai).
Direktori yang digunakan juga harus memiliki file glu32.dll dan opengl32.dll . Ini seharusnya datang dengan sistem operasi Anda.

IV. Uji Dev-cpp dengan GLUT

Langkah penting dalam mengkompilasi dan menjalankan program C yang berisi fungsi OpenGL dan GLUT adalah untuk memberi tahu linker di mana pustaka berada. Ini dilakukan dengan mengklik Project / Project Options / Parameters / Add Library atau Options dan kemudian menavigasi ke pustaka yang perlu Anda sertakan: libopengl32.a , libglu32.a , dan libglut32.a . Perpustakaan harus ditambahkan dalam urutan itu .
Detail:
Sebuah. Buat subdirektori untuk sebuah proyek. Lakukan ini dulu, sebelum Anda memulai Dev-Cpp. Buat subdirektori baru dengan "Explorer" dengan mengklik "File / New / Folder".
Misalnya, buat folder C: \ GLproject .
b. Mulai Dev-cpp:
c. Mulai proyek baru dengan mengklik File / Baru / Proyek. Di panel yang muncul, beri nama proyek seperti "kotak", klik "proyek kosong" dan "C": Klik OK.
Catatan: Untuk mengkompilasi dengan OpenGL, Anda harus membuat proyek. Anda harus memiliki proyek (bukan hanya satu file C) untuk menautkan di pustaka OpenGL.
d. Di panel berikutnya, arahkan ke folder Anda C: \ GLproject , dan klik "Simpan".
e. Di Dev-C ++, klik "File / New / Source File" dan kemudian di panel berikutnya "Tambahkan ke Proyek" klik "ya". Klik "File / Save As" dan kemudian beri nama file. Arahkan ke subdirektori proyek Anda untuk menyimpan file di dalamnya. Beri nama file seperti "rectangle.c"
Pastikan bahwa nama file diakhiri dengan ".c" apa pun akan menyebabkan masalah besar.
f. Klik dan seret mouse Anda ke program berikut sehingga disorot, lalu klik "Edit / Salin" dari bilah menu peramban.
#include <GL / glut.h>

const int A = 500; / * Panjang sisi dari jendela monitor * /
const mengapung B = 500; / * Panjang sisi dari persegi panjang kliping * /
const mengapung C = 200; / * Panjang sisi alun-alun program menggambar * /

membatalkan myinit (void)
{
  glClearColor (0,7, 0,7, 0,7, 0,0); / * latar belakang abu-abu * /
 
  glMatrixMode (GL_PROJECTION); / * Dalam koordinat Dunia: * /
  glLoadIdentity (); / * posisi "kliping persegi panjang" * /
  gluOrtho2D (-B / 2, B / 2, -B / 2, B / 2); / * di -B / 2, tepi kanannya di + B / 2, bagian bawahnya * /
  glMatrixMode (GL_MODELVIEW); / * tepi di -B / 2 dan tepi atasnya di + B / 2 * /
}

membatalkan display (void)
{
                                    
  glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); / * membersihkan jendela * /
 
  glMatrixMode (GL_MODELVIEW); / * Koordinat berikut dinyatakan * /
  glLoadIdentity (); / * dalam hal koordinat Dunia * /

  glBegin (GL_POLYGON); / * menggambar poligon yang terisi * /
      glColor3f (1.0, 0.3, 0.2); / * menggambar merah terang * /
      glVertex2f (-C / 2, -C / 2); / * (x, y) * /
      glVertex2f (C / 2, -C / 2); / * (x, y) * /
      glVertex2f (C / 2, C / 2); / * (x, y) * /
      glVertex2f (-C / 2, C / 2); / * (x, y) * /
  glEnd ();

  glFlush (); / * kirim semua perintah * /
}

kekosongan utama (int argc, char ** argv)
{
  glutInit (& argc, argv);
  glutInitWindowSize (A, A); / * A x Jendela layar piksel * /

  glutInitDisplayMode (GLUT_RGB | GLUT_SINGLE);
  glutCreateWindow ("My Rectangle"); / * judul jendela * /
  glutDisplayFunc (display); / * beri tahu loop utama OpenGL apa * /
  myinit (); / * atur atribut * /

  glutMainLoop (); / * Mengoper kontrol ke loop utama * /
}
g. Sekarang klik di jendela pengeditan Dev-cpp dan kemudian klik "Edit / Paste" di bilah menu. Program akan muncul di jendela pengeditan.

h. Klik "File / Simpan". File di direktori proyek Anda sekarang harus berisi program OpenGL.
saya. Beritahu Dev-cpp perpustakaan apa yang perlu dihubungkan. Klik "Proyek / Opsi Proyek".
j. Sekarang klik "Parameter". Klik tombol "Tambahkan Perpustakaan atau Objek" dan arahkan ke perpustakaan yang harus ditambahkan, ditemukan di bawah C: \ Dev-cpp \ lib
  • ../lib/libopengl32.a
  • ../lib/libglu32.a
  • ../lib/libglut32.a
Tambahkan mereka dalam urutan itu (hanya). Perhatikan bahwa garis miring akan muncul dalam gaya Unix "/" daripada gaya DOS "\".
Ketika Anda selesai menambahkan tiga perpustakaan, Anda akan melihat:
Pola yang tepat dari "../../ .." Anda lihat tergantung pada seberapa dalam struktur direktori file sumber Anda.
Klik "OK".
k. Klik "Execute / Compile and Run". Program harus mengkompilasi, menautkan, dan menjalankan:
Jika ada yang tidak berfungsi (sangat umum) klik pada tab "Kompilasi Log" untuk beberapa pesan kesalahan yang membingungkan. Jika Anda melihat sesuatu seperti berikut, itu berarti Anda membuat kesalahan dalam menambahkan pustaka ke proyek:
Cobalah untuk memperbaiki daftar pustaka, atau mungkin mulai dari awal.
Anda sekarang sudah selesai, atau sudah menyerah.

Komentar